• SMA NEGERI 1 CIHAURBEUTI
  • BEAUTY SCHOOL IS MINE

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA

OLEH: ASTRI KOMALADEWI, S.Pd.

Kemajuan teknologi yang canggih saat ini mengakibatkan perubahan dalam hampir semua segi kehidupan. Salah satunya adalah dalam permainan yang dilakukan oleh remaja. Zaman sebelum era tekonologi masuk, permainan yang dilakukan masih bersifat tradisional seperti permainan egrang dan laying-layang. Setelah teknologi masuk permainan tersebut berubah dengan menggunakan teknologi digital yang mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Dimulai dari Nintendo, Playstation, sampai akhirnya permainan saat ini yang dikenal dengan game online.

Menurut Firdaus  (2018) game online merupakan suatu bentuk permainan elektronik yang terhubung dengan jaringan internet dan dimainkan melalui perangkat komputer, ponsel pintar, konsol game, laptop, dan perangkat game lainnya serta bersifat multiplayer atau dapat dimainkan oleh banyak pengguna diwaktu yang sama.

Banyak remaja di Indonesia saat ini bermain game online sebagai sarana hiburan yang dapat dilakukan secara individual maupun secara tim. Remaja yang berstatus sebagai siswa banyak memainkan game online tersebut. Tidak masalah ketika game online yang dimainkan dilakukan secara wajar, tidak terus menerus, dan tidak mengganggu aktivitas belajar remaja baik di sekolah maupun di rumah. Namun, yang menjadi masalah banyak  remaja yang bermain game online secara berlebihan bahkan sampai menyebabkan kecanduan game online. bahkan ada remaja yang sampai membolos sekolah karena bermain game online. Salah satu kasusnya kita sering mendengar ada remaja yang terkena razia di warung internet karena bermain game online di jam sekolah.

Dalam berita yang termuat dalam pekanbaru,go.id (https://www.pekanbaru.go.id/p/news/78-siswa-diciduk-satpol-pp-saat-tengah-asik-main-game-online-di-warnet,   pada tanggal 02 Agustus 2018,) “sebanyak 78 siswa diciduk Satpol PP saat tengah asik bermain game online di warnet di sepanjang kawasan Jalan Imam Munandar (Harapan Raya), Samarinda. Para siswa yang tertangkap ini didata, kemudian dipanggil orangtuanya. Tidak hanya itu, pihak sekolah juga ikut serta dipanggil agar bisa memantau siswanya yang kedapatan bolos”.

Ada hal miris dari remaja yang kecanduan game online yaitu terdapat remaja yang mengalami kecanduan game online yang harus diobati ke rumah sakit jiwa  karena menjadi mengalami gangguan konsentrasi yang mengganggu aktivitas belajar, menjadi enggan datang ke sekolah dan tidak mau makan.

Dalam berita yang termuat dalam regional.kompas.com (https://regional.kompas.com/read/2019/10/18/06380081/kecanduan-game-online-puluhan-pelajar-diobati-di-rumah-sakit-jiwa-solo pada tanggal 18 Oktober 2019), “puluhan pelajar diobati di Rumah Sakit Jiwa Solo karena kecanduan Game Online. Pasien anak kecanduan game online yang menjalani pengobatan di RSJD Kota Surakarta rata-rata dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga SMA Kelas 1. "Akhir-akhir ini ada peningkatan (pasien anak kecanduan game online). Meskipun kadang datang tidak ada keluhan dengan kecanduan game, tidak. Ada yang tidak mau sekolah, tidak mau makan. Pada akhirnya disebabkan karena game itu," kata Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja RSJD Dr Arif Zainudin Kota Surakarta Aliyah Himawati di Solo, Jawa Tengah”.

Remaja yang kecanduan game online tidak begitu saja tiba-tiba kecanduan game online. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi remaja kecanduan game online diantaranya seperti karena game online membuat semakin penasaran jika tidak memainkan, Rasa bosan para remaja, ketidakmampuan remaja dalam mengatur prioritas untuk mengerjaka aktivitas lain , kurangnya self control pada diri remaja, lingkungan yang kurang terkontrol, kurang memiliki hubungan sosil yang baik , kurangya pengawasan orangtua, dan komunikasi kurang terjalin baik antara orangtua dengan anak.

Berdasarkan hal tersbut tentu kecanduan game online tidak dapat dianggap remeh sehingga kita perlu melakukan berbagai cara untuk mengatasi remaja agar tidak kecanduan game online seperti mengawasi bermain game online remaja,mengawasi pergaulan remaja, menunjukkan sikap tegas kepada remaja, perbaiki komunikasi yang kurang baik selama ini dengan remaja, awasi pergaulan remaja, dan lakukan aktivitas yang menyenangkan dengan remaja, serta perlu ada kolaborasi antara orangtua dan guru di sekolah tempat remaja tersebut bersekolah.

1 Komentar

Terlalu modern nya zaman sehingga anak remaja melupakan budaya game zaman dulu

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS TPACK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMA NEGERI 1 CIHAURBEUTI

Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.KomNIM : 2398013749PENDAHULUAN Pembelajaran pada abad 21 mengintegrasikan berbagai perangkat teknologi dalam melakukan seluruh rangkaian proses interak

13/03/2023 08:05 - Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.kom - Dilihat 180 kali
Laporan Best Practice

Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Deret Aritmetika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas XI Mipa 2 di SMAN 1 CihaurbeutiOleh : Samratul F

18/02/2023 11:45 - Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.kom - Dilihat 2341 kali
Etika Remaja Di Era Milenial

Oleh. Yanti Susilawati, S.Pd.   Baik buruknya etika pemuda zaman sekarang sangat menentukan arah generasi bangsa Indonesia, karena tongkat estapet kepemimpinan bangsa ini terleta

11/07/2022 10:25 - Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.kom - Dilihat 6282 kali
MATEMATIKA ADALAH BAGIAN DARI KEHIDUPAN KITA

Oleh : Samratul Fuadah, S.Pd.   Kekurangan atau ketiadaan motivasi, yang bersifat internal maupun eksternal dapat berakibat kurang bersemangatnya siswa dalam mempelajari materi-m

13/06/2022 09:54 - Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.kom - Dilihat 2122 kali
WASPADA INVESTASI BODONG

Oleh : Lelis Yuli Indrayanti, S.Pd.   Investasi adalah aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) untuk tujuan memperoleh keuntungan. Pihak atau orang yang melakukan inv

30/05/2022 10:01 - Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.kom - Dilihat 583 kali
CARA CERDAS MENGELOLA KEUANGAN PRIBADI

Oleh : Lelis Yuli Indrayanti, S.Pd.   Seiring dengan bertambahnya usia, mengharuskan kita untuk pintar dalam hal mengelola keuangan, lebih mendahulukan apa yang menjadi kebutuhan

17/01/2022 13:00 - Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.kom - Dilihat 409 kali
PEMBELAJARAN MUSIK ANGKLUNG MELALUI METODE HAND SIGN KODALY PADA SISWA SMA

Oleh: Agung Arusyamsi, S.Pd Guru Seni Budaya SMAN 1 Cihaurbeuti Kecamatan Cihaurbeuti   Seni adalah sisi yang nyaris tak pernah lepas dari kehidupan manusia. Di dalam konteks k

18/10/2021 10:09 - Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.kom - Dilihat 13224 kali
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI MASA PANDEMI COVID 19 MELALUI STRATEGI KOMPLEMENTER PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRASI BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART MATHEMATICS (STEAM)

Oleh: Ilham Aziz Sultoni, S.Pd Guru Pendidikan Jasmani SMAN 1 Cihaurbeuti Kecamatan Cihaurbeuti   Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada sektor pendidikan

16/09/2021 14:49 - Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.kom - Dilihat 2378 kali
MENGUBAH PERSEPSI NEGATIF SISWA TERHADAP GURU BK

OLEH: ASTRI KOMALADEWI, S.Pd. Pada dasarnya Bimbingan dan konseling adalah usaha pemberian bantuan yang diberikan oleh Konselor atau lebih dikenal dengan nama Guru BK apabila di lingku

26/08/2021 08:05 - Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.kom - Dilihat 3268 kali
Kelompok Jurusan IPS

KELAS X IPS 1 Grup Wa : https://chat.whatsapp.com/CeRQrQfvP5D6Q3IUgh1L4vWali Kelas : Lucky Aditya Putra, S.Pd 1 ABDUL JABAR SAFARUDIN L 202110001 0066874118 2 AGUS SETIAWAN L 20211

24/07/2021 10:25 - Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.kom - Dilihat 2789 kali
Kelompok Jurusan MIPA

KELAS X MIPA 1 Grup Wa : https://chat.whatsapp.com/LGjtErdi1qW3vP7gMXiqIWWali Kelas : Euis Dewi Sartika, S.Pd.I 1 ADE MAYA KURNIA P 202110002 0053428286 2 ADINDA PUTRI DEWI P 20211

24/07/2021 10:16 - Oleh Dani Fajar Romdhoni, S.kom - Dilihat 3962 kali
Informasi PPDB SMA Negeri 1 Cihaurbeuri Tahun Pelajaran 2020/2021

07/05/2020 05:09 - Oleh - Dilihat 2057 kali